PROSES PEMBENTUKAN FORUM PRB JAWA TENGAH

Dasar Perda Provinsi Jawa Tengah Nomor 11 Tahun 2009 tentang Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana di Provinsi Jawa Tengah. Badan Penanggulanga Bencana Daerah (BPBD) bersama dengan SCDRR Jawa Tengah dalam rangka mengemplementasikan Perda tentang Penanggulangan Bencana Jawa Tengah akan membentuk Forum Pengarungan Resiko Bencana.
Maka pada tanggal 28-29 Oktober 2009 BPBD Jateng dan SCDRR, mengundang beberapa SKPD, Perguruan Tinggi, dan LSM se-Jawa Tengah yang diselenggarakan di Kota Salatiga, yang pada akhirnya Pusat Studi Bencana LPPM UNS menjadi anggota tim untuk merencanakan dan membentuk tim koordinasi, maka disepakatinya untuk membentuk Forum Pengurangan Resiko Bencana Jawa Tengah (FPRB). Karena bencana adalah tanggung jawab pemerintah dan masyarakat (pasal 25).
Dari refleksi yang telah di rencanakan maka akan dilakukan temu stakeholder dan roadshow dalam rangka Pembentukan Forum PRB. Sedangkan roadshow yang akan dilakukan 6 kali putaran dari 3 Bakorwil yang ada di Jawa Tengah.
Putaran Roadshow yang pertama dilaksanakan di Kota Semarang untuk Wilayah Bakorwil I, Putaran 2 Bakorwil II Surakarta, Putaran 3 Bakorwil III Banyumas. Dan putaran ke 2 dilaksakan di dalam Kampus UNS dari Bakorwil II Surakarta.
Setelah Forum PRB Jawa tengah terbentuk akan dilakukan Launching FPRB Jateng bersamaan ulang tahun BPBD Jateng ke 2 pada bulan Juni. Yang selanjutnya akan dilakukan musyawarah daerah untuk menyusun program jangka Pendek dan Jangka Panjang yang berkaitan dengan Perda No. 11 Th. 2009 Tentang Penanggulangan Bencana.
Dan selanjutnya peran PSB LPPM UNS akan memulai melakukan kegiatan-kegiatan sesuai hasil Musda. Dari Rencana Stategis PSB LPPM UNS adalah salah satu PSB yang ada di wilayah timur Jawa Tengah untuk bisa menjadi Center of Excellent dari BPBD Jawa tengah.