SIMULASI PENANGGULANGAN BENCANA BANJIR BAGI STAKEHOULDER PENANGGULANGAN BANJIR DI KOTA SURAKARTA (GLADI POSKO)

ABSTRAK

Sarjoko Lelono. SIMULASI PENANGGULANGAN BENCANA BANJIR BAGI STAKEHOULDER PENANGGULANGAN BANJIR DI KOTA SURAKARTA (GLADI POSKO). Laporan Pengabdian, Surakarta: Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat. Universitas Sebelas Maret, Oktober 2009.

Tujuan pengabdian ini adalah untuk: (1) Melaksanakan koordinasi tugas dan kewajiban masing-masing stakeholder pengendalian bencana banjir (2) Melaksanakan praktek penanggulangan banjir dengan simulasi penanggulangan bencana banjir (3) Melakukan evaluasi kegiatan simulasi penanggulangan bencana banjir.

Metode pelaksanaan adalah dialog terbuka dan praktek simulasi penanggulangan banjir Berdasarkan pelaksanaan program dapat disimpulkan bahwa : (1) Koordinasi masing-masing stakeholder penanggulangan bencana banjir menghasilkan kesepakatan hak dan kewajiban masing-masing beserta action yang akan dilakukan di lapangan. (2) Praktek penanggulangan banjir dengan simulasi penanggulangan bencana banjir berperan untuk menyadarkan masyarakat akan penyelamatan yang dapat dilakukan sendiri maupun bantuan stakeholder penanggulangan bencana banjir. (3) Evaluasi kegiatan simulasi penanggulangan bencana banjir merumuskan pembenahan-pembenahan kecil dalam kinerja stakeholder penanggulangan bencana banjir.